Kamis, 09 Juli 2015

Cara memperbaiki power supplay

Cara Memperbaiki Power Supply
Power Suply merupakan alat listrik yang digunakan untuk menurunkan tegangan atau menyesuaikan tegangan sesuai dengan tegangan yang diinginkan. Didalam prinsipnya powersuplly memanfaatkan transformator (Hukum Faraday). Dalam jenis keluarannya power suplly dibedakan menajdi dua buah yakni power supply AC (Keluarannya beruapa tegangan AC) dan power suplly DC (tegangan keluaran berupa tegangan DC).

Untuk transformator AC hanyan memnafaatkan prinsip transforamtor tanpa mengubah sinyal keluaran menjadi DC sedangkan untuk transformator DC mengubah sinyal keuaran kedalam tegangan DC dengan menfaatkan kerja dari komponen aktif yakni dioda. Power supplay merupakan komponen yang sangat penting dalam hal praktikum IPA terkhusus di percobaan mengenai kelistrikan. Namun tak banyak diantara kita ketika menghadapi powersuplay yang rusak langsung menyimpan tanpa berniat memperbaikinya.

Berikut ini saya akan berikan sedikit tips dalam menghadapi atau memperbaiki powersupplay yang rusak. Secara umum hal-hal umum yang sering terjadi kerusakan pada power suplly yakni : sekering yang putus, kabel sambungan, atau tempat solder yang lepas. Atau yang lebih ada komponen yang rusak atau mau diganti tetapi jika komponen yang rusak berupa transformator maka tak usah lagi diperbaiki karena otomaatis semua komponen yang lain akan ikut rusak akibat tegangan yang diperoleh tidak sesuai (sangat tinggi akibat tegangan nya tidak turun karenaa transformator yang bermasalah.). Jika seperti itu powersupllay sebaiknya diganti saja..
 Adapun cara untuk memeriksa atau memperbaiki powersupply yakni dengan cara :

1. Memeriksa terlebih dahulu kedaan sekring

 Untuk cara memeriksa keadaan sekring yakni bisa dengan melihat langusng kawat kecil yang ada didalam sekring. Sekring yang baik ditandai dengan kawat kecil yang masih utuh, sedangkan jika kawat kecil tersebut sudah putus maka sekring tersebut sudah rusak. Jika kalian susah melihat kawat tersebut atau masih ragu dengan sekring tersebut bisa dengan mengecek sekring tersebut menggunakan multitester. Cara menggunakan meultitester yakni tempatkan pada keadaan Ohm (penunjukkan pada skala Ohm). Lalu letakkan kedua ujung probe multitester diujung sekring jika sekring bergerak maka komponenmasih dalam kedaan baik. Jika tak ada multitester maka bisa dengan mengambil sekring pada powersupllay yang baik dan mecobanya pada powersupplay yang rusak. Cara mengatasi sekring yang rusak yakni dengan mengganti nya dengan sekring yang baru. Harga sekring kisaran 500 atau 1000 rupiah.

2. Memeriksa sambungan kabel power atau kabel masukan.

Buka tutup dari powersupplay, kemudian cek apakah soldernya lepas atau tidak. Kemudian pasang kembali solder yang lepas jika ada ditemukan.
3. Masalah pada kabel masukan

Jika kabel masukan yang bermasalah bisa di cek menggunakan multitester. Cara mengatasinya bisa dengan mengganti kabel sambungan dengan kabel sambungan baru.

Jika kerusakan bukan dari dari ke 3 hal tersebut maka anda bisa memperbaikinya dengan cara membongkar dua powerpsupplay (yang sama ) secara bersamaan. Power supllay yang kalian bongkar yakni 1 power supllay baik dan satu pwer supplay rusak (atau yang mau diperbaiki). Kemudian cek secara seksama. . Syukron, Jazakumullahu Khairan................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar