Selasa, 01 September 2015

Cara Penggunaan Basicmeter

Cara menggunakan basicmeter 
Basicmeter merupakan alat ukur besaran listrik yang dapat digunakan sebagai alat ukur tegangan listrik maupun alat ukur kuat arus listrik. Alat ukur tegangan listrik disebut dengan istilah voltmeter. Sedangkan alat ukur kuat arus listrik disebut dengan istilah Ammeter (Amperemeter).

Dalam penggunaannya basicmeter mempunyai lengan geser yang menentukan fungsi dari basicmeter itu sendiri. Lengan geser tersebut yang bertindak sebagai saklar yang menetukan basic meter berfungsi sebagai Voltmeter (Jika digeser ke arah V) dan bertindak sebagai ammeter jika bertindak kearah A.

Cara menentukan NST pada basicmeter   yakni:

NST Basicmeter    =  Batas Ukur
                                  Jumlah Skala
Penggunaan basicmeter sebagai voltmeter
Penggunaan basicmeter sebagai voltmeter dilakukan dengan cara memasang alat ukur voltmeter secara paralel terhadap resistor (Komponen lainnya) yang ingin diukur besar teganggannya. Pemasangan voltmeter yang dilakukan secara  paralel dimaksudkan karena pada voltmeter terdapat nilai  hambatan dalam yang sangat besar. Dengan dirangkai secara paralel sehingga nilai hambatan ekuivalen antara hambatan dalam voltemeter dengan hambatan luar (resistansi resistor yang akan diukur) akan menghampiri nilai hambatan luar (Karena nilainya jauh lebih kecil dibanding hambatan dalam voltemeter). Oleh sebab itu pemasangan secara paralel dimaksudkan agar nilai hambatan dalam pada voltemeter yang sangat besar tidak menberikan kontribusi pada nilai reistansi ekuivalen pada rangkaian listrik.

Sebaliknya, penggunaan basicmeter dalam keadan ammeter dilakukan secara pemasang seri terhadap komponen yang ingin diukur kuat arus yang melewatinya.  Hal ini disebabkan karena pada ammeter terdapat nilai hambatan dalam yang amat kecil. Dengan menggunakan prinsip nilai hambatan ekuivalen pada rangkaian seri, maka nilai hambatan ekuivalen (antara ammeter dengan komponen) hambatan dalam ammeter tidak memberikan pengaruh nilai apapun.

1 komentar: